Thursday, August 30, 2012

Modul Laporan Hutang Property Software

Modul Laporan Hutang Property Software - Selain berguna dalam pengaturan pembangunan properti, Property Software juga berfungsi dalam pengaturan keuangan atau accounting. Untuk modul proses Pelunasan Hutang (Tunai) yang digunakan untuk melakukan transkasi-transaksi pelunasan hutang secara tunai.

Untuk dapat melakukankan transaksi pelunasan di software property Anda cukup mudah, karena tinggal klik Pelunasan Hutang (Tunai) yang selanjutnya ada pilihan Invoice, kemudian klik berikutnya. Maka secara otomatis sistem akan membawa anda pada pilih Rekening, input No. Nota Supplier, Tanggal Kuitansi, pilih Cara Pembayaran, Alat Transaksi, Keterangan, Kurs, input Nilai Transaksi, pilih Acc. Biaya Pembulatan, pilih Materai, pilih Sifat PPH, save. Kemudian sistem secara otomotis membentuk jurnal keuangan.

Kita dapat langsung save apabila jurnal dianggap sudah final, dan pilih skip apabila jurnal dianggap belum final. Setelah itu Anda dapat print-out bukti transaksi Bukti Kas Keluar, Kuitansi Resmi, Bukti Potong PPH apabila Anda melakukan pemotongan PPH pada saat pelunasan invoice yang bersangkutan. Untuk melakukan print bukti kas keluar, Anda cukup klik bukti kas keluar, sedangkan untuk melakukan print Kuitansi Resmi, Anda cukup klik kuitansi resmi, maka akan menghasilkan kuitansi resmi.

Pelunasan Hutang (Cek Giro), adapun langkah-langkah untuk melakukan Pelunasan Hutang (Cek Giro) pada property software sama dengan prosedur pelunasan hutang secara tunai. Yang membedakan pelunasan hutang dengan cek/giro digunakan untuk melakukan transaksi-transaksi pelunasan hutang yang dibayar dengan cek giro. Untuk dapat melakukan transaksi pelunasan hutang Anda klik Pelunasan Hutang (Cek Giro). Selanjutnya  pilih Invoice, dan klik berikutnya maka selanjutnya input Transaksi, pilih Rekening, pilih link Acc. Hutang Giro, input No Nota Supplier, input Tanggal TTG, input No. Cek Giro, input Bank Cek Giro, input Tanggal Cek Giro, input Keterangan, Kurs, input Nilai Transaksi, pilih Acc. Biaya Pembulatan, pilih Sifat PPH, check Auto Kliring bila cek giro sudah langsung kliring, save. Sistem secara otomatis akan membentuk jurnal.

Silahkan save apabila jurnal dianggap sudah final, pilih tombol skip apabila jurnal dianggap belum final. Setelah itu Anda dapat print-out bukti transkasi Bukti Giro Keluar dan Tanda Terima Giro. Untuk melakukan print out bukti giro keluar, Anda cukup klik Bukti Giro Keluar, maka akan menghasilkan voucher bukti cek giro keluar. Untuk melakukan print out tanda terima giro, Anda cukup klik Tanda Terima Giro, maka akan menghasilkan voucher bukti cek giro keluar.

No comments:

Post a Comment