Wednesday, May 30, 2012

Social Media Salah Satu Strategi Pemasaran Digital

Salah satu strategi Digital Marketing yang  efektif dan terukur adalah social Media. Apa itu Social Media? Social Media adalah wadah untuk interaksi social,  Social Media tepat digunakan untuk membangun komunitas para pengguna produk dan jasa kita.


Tujuannya adalah untuk membangun hubungan dan menjaga loyalitas konsumen.  Komunikasi 2 arah bisa dibangun sehingga kita bisa mendengar apa yang menjadi aspirasi dari konsumen kita. Contoh social media yang digunakan Digital Agency adalah Twitter, facebook, kaskus, pinterest, google+ , skype.

Terdapat 3 macam jenis aktivitas dalam social media yang bisa kita lakukan, yaitu:
1. Social Media Maintenance, Kegiatan merawat komunitas dengan melakukan update posting secara rutin di media seperti misalnya facebook, twitter, membalas comment para fans atau followers kita sehingga bisa menciptakan interaksi 2 arah, serta menghapus comment yang kurang baik yang berbau SARA.
2. Social Media Endorsement, yang dimaksud dengan Social Media Endorsement disini adalah anda meminta dukungan dari seseorang dianggap sebagai public figure di social media dan memiliki fans yang sangat banyak, endorser ini memiliki bidang yang sama dengan produk kita. Apabila bidang kita adalah bidang website maka carilah endorser yang berada di bidang website  juga. Social Media Endorsement ini sangat terukur karena dengan cara ini kita dapat melakukan apa yang disebut Network Acquisition yaitu dengan mengajak para fans dari Endorser kita untuk bergabung kedalam Social Media Group yang kita miliki.
3. Social media Activation, yaitu kita membuat sebuah Online Campaign atau event yang unik dan terus dipantau informasinya lewat Social Media Channel yang kita miliki, dimana bertujuan untuk menarik perhatian para target audience kita untuk mau bergabung serta mengikuti social media group kita. Salah satu contohnya adalah dengan diadakannya kontes. Dengan  event yang unik  ini dapat menciptakan WOM (Word Of Mouth) sehingga  akan meningkatkan Awareness terhadap produk kita. Social Media Activation merupakan hal yang wajib dilakukan bila  anda membutuhkan produk anda dikenal secara luas dan cepat.

Dalam melakukan Social Media campaign untuk mengetahui tingkat keberhasilannya maka kita harus memantau aktifitas dan interaksinya dengan menggunakan tools yang ada, misal bila kita menggunakan facebook, tools yang digunakan adalah facebook analytics, dengan tools ini kita bisa mengetahui tingkat interaksi dan demografi dari fans group kita.

Social media ini sebaiknya diintegrasikan dengan website yang anda miliki sehingga menjadi satu kesatuan yang saling berhubungan, apapun campaign yang ada di social media anda harus ada juga di website, begitu pula berita yang ada di website harus diberitakan juga melalui social media. dengan demikian pemasaran digital akan berjalan efektif dan berkesinambungan.

No comments:

Post a Comment