Wednesday, June 6, 2012

Kitchen Set Untuk Kelengkapan Dapur Rumah Anda

Dalam pembuatan kitchen set untuk dapur harus direncanakan dengan matang sebelum mengambil keputusan, baik itu mengenai material yang akan dipilih, design kitchen set  maupun tukang yang bisa kita percaya untuk bertanggung jawab dalam pengerjaan proyek ini.

Walaupun saat ini sudah banyak perusahaan furniture yang menjual kitchen set, namun banyak orang yang menginginkan kitchen set dengan sentuhan secara personal, sehingga bisa mengakomodir kebutuhannya dengan lebih baik.
Sebelum membuat kitchen set, berikut ini merupakan hal – hal yang sebaiknya anda perhatikan:

1.Luas Dapur, Anda harus memperhitungkan dengan baik luas dapur yang anda miliki untuk menempatkan kitchen set, dan buatlah skala prioritas terutama bila space dapur anda tidak terlalu besar mengenai apa yang penting dan kurang penting. Misalnya jika Anda tinggal di apartemen, Untuk ruangan yang relatif kecil, sebaiknya anda dahulukan kelengkapan utama seperti kabinet atas ( yang digunakan untuk menyimpan piring, gelas, sendok, dan peralatan kecil lainnya), kabinet bawah ( digunakan menyimpan panci, alat penggorengan, dan alat masak ukuran besar lainnya), kompor gas, Kitchen Sink atau bak cuci piring dan penghisap asap. Pengukuran luas dapur sangat penting, jangan sampai karena salah mengukur panci besar Anda tidak muat dalam kabinet.

2.Material Dasar.  Dalam membuat kitchen set ada beberapa jenis bahan yang dapat digunakan sebagai material dasar,  antaral lain adalah plywood atau multiplex, MDF  ( Medium Density Fibreboard), block board dan particle board. Jenis bahan yang banyak disarankan biasanya adalah plywood atau multiplex karena ketahanannya terhadap rayap selain itu juga partikelnya lebih padat sehingga akan tahan lama dan kuat bila dipasang sekrup. Selain bahan plywood atau multiplex anda juga bisa menggunakan kayu solid seperti jati atau meranti akan tetapi harganya cukup mahal sehingga kurang tepat bagi yang memiliki budget terbatas.

3.Material Finishing. Selain digunakan untuk memperindah kitchen set akan tetapi juga dapat digunakan untuk melindungi material dasar kitchen set dari kerusakan. Material finishing memiliki beragam jenis, contohnya adalah deco sheet, HPL (High pressure Laminate), melamic dan duco. Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya.

4.Design Kitchen Set. Dalam memilih desain kitchen set sebaiknya anda jangan mudah tergoda pada desain yang terlalu rumit, anda harus fokus pada kebutuhan utama anda akan kitchen set dan sesuaikan design kitchen set tersebut dengan tampilan keseluruhan rumah, agar nuansanya terasa menyatu, karena akan menjadi kurang cocok apabila design kitchen set anda bergaya minimalis modern akan tetapi rumah anda bergaya klasik.

5.Gunakan Jasa Ahli,  Kitchen set merupakan salah satu properti rumah tangga yang bisa menambah keindahan interior rumah. Jadi apabila dikerjakan oleh orang yang bukan ahlinya kemungkinan besar hasilnya tidak sesuai dengan harapan anda, jadi sebaiknya anda memilih penyedia jasa kitchen set yang sudah terampil, berpengalaman dan memiliki jiwa seni. Pembuat kitchen set yang telah memiliki pengalaman bisa memberikan anda masukan mengenai bentuk kitchen set yang paling tepat serta sesuai dengan keinginan anda.

6.Mencari Referensi, Dalam membuat kitchen set melibatkan banyak keahlian mulai dari membobok dinding dapur hingga memasang finishing, seperti perajin kayu, tukang bangunan, hingga teknisi listrik. Apabila anda belum terlalu paham mengenai pembuatan kitchen set ini , mulai dari pemilihan bahan dan teknik pembuatannya, sebaiknya mintalah referensi dari teman atau kerabat dan pastikan bahwa pengerjaan kitchen set dilakukan oleh orang yang Anda percaya.

Dari uraian diatas jelas bahwa dalam membuat kitchen set bukan sesuatu yang bisa dikerjakan secara asal-asalan,  sangat dibutuhkan pemikiran yang cermat  dan melibatkan banyak hal.

No comments:

Post a Comment