Friday, May 11, 2012

Perkembangan Digital Marketing di Indonesia

Metode baru dunia pemasaran di Indonesia kini telah di mulai, dimana efektivitas pemasaran secara tradisional mengalami penurunan, dan cara baru yang dikenal dengan Digital Marketing Agency hadir dan berkembang secara cepat dan dianggap lebih efektif dalam memasarkan produk.

Pemasaran Digital Agency yang berbasis pada digital ini  adalah sebuah terobosan baru untuk membangun hubungan interaktif antara produsen dengan konsumen melalui media internet. Pemasaran produk yang sebelumnya dilakukan secara offline “door to door”, berkembang kearah online/ digital, dimana hal ini mendorong terjadinya perubahan perilaku konsumen dari involuntary menjadi voluntary. konsumen dengan sukarela mencari informasi yang mereka butuhkan melalui internet, informasi bisa diproses sesuai dengan ketertarikan akan produk atau jasa tersebut, dan akan memicu komunikasi interaktif  antara produsen dan konsumen. Dengan adanya respon yang cepat dari konsumen mengenai produk atau jasa yang ditawarkan tersebut. Perusahaan bisa memahami keinginan dan kebutuhan konsumen secara tepat. Ini berarti akan membantu percepatan inovasi dalam perusahaan.

Bentuk digital  marketing atau pemasaran digital ini bisa melalui Blog, E-mail, Social Network atau jejaring sosial seperti Facebook, MySpace, Twitter, Linkedin, YouTube , Google Plus dan layanan lainnya. Melalui layanan tersebut terjadi pertukaran informasi baik yang berasal dari produsen maupun konsumen.

Jadi, dengan digital marketing, informasi mengenai produk atau jasa akan lebih murah karena mudah didapatkan, sehingga akan menurunkan biaya promosi dan juga bisa membantu percepatan inovasi dalam sebuah perusahaan.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment